Posted by: psikotikafif | June 26, 2008

JAZZ STYLE

Berikut ini adalah artikel kami mengenai style dalam musik Jazz. Anda juga dapat mengirimkan artikel mengenai Jazz Style dengan mengklik disini.

ERA BEBOP TAHUN 1940 new!
Kembalinya Expresi dan Jati Diri Jazz
Pada akhir tahun 30-an, Swing telah menjadi bisnis hiburan yang sangat besar dan merupakan bisnis musik paling bagus pada saat itu sampai dijuluki pula “greatest music of all time”. Kata “Swing” menjadi daya tarik penjualan yang bagus dan dikaitkan dengan penjualan produk-produk Dari mulai rokok sampai pakaian wanita, dan jika musik sudah disesuaikan untuk permintaan komersial seringkali menjadi suatu persoalan klise yang tidak ada habisnya pada musik itu sendiri, yaitu antara idealisme musikal dan komersial.

Tokoh-tokoh musisi yang penting dalam era Swing (Bagian Kedua)
Lester Young berkomentar bahwa Coleman Hawkins, pemain tenor saxophone yang lahir di Missouri 21 November 1904 ini adalah pemain tenor saxophone sejati atau “The Real Tenor Saxophone Players” dan yang membuat kita tahu bahwa itu benar-benar suara tenor saxophone. Kreasi Hawkins telah memperkaya perbendaharaan gaya dalam bermain tenor saxophone dan selama empat puluh lima tahun dia masih menjaga dan mengukuhkan senioritasnya dalam permainan tenor saxophone.

JAZZ ERA TAHUN 50-AN COOL JAZZ, THIRD STREAM, HARDBOP SAMPAI MODAL JAZZ
Revolusi dan Pengembangan Bebop
Pada akhir tahun 40-an dan memasuki era tahun 50-an dominasi gaya bebop yang identik dengan gaya Charlie Parker semakin kuat dan banyak mendominasi gaya permainan musik jazz dan musisi-musisi pada era tersebut.

Tokoh-tokoh musisi yang penting dalam era Swing (Bagian Pertama)
Era Swing juga telah banyak mengadirkan atau memunculkan tokoh-tokoh musisi yang menonjol dan berperan dalam era Swing tersebut dan bahkan mempengaruhi perkembangan musik jazz untuk era selanjutnya.

Era Swing sebagai “The Golden Age of Jazz”
Dengan terjadinya depresi perekonomian dunia pada sekitar permulaan decade 1930 yang membuat keadaan perekonomian Amerika Serikat semakin berat, sebagai salah satu dampaknya adalah banyak lapangan pekerjaan menghilang sehingga menyebabkan tingkat pengangguran yang tinggi.

Big band setelah era Big band
Di awal tahun 1950an, kelompok big band yang dipimpin oleh komposer dan arangger Eddie Sauter dan Bill Finegan sedang tampil di Nebraska. Malam itu, beberapa penonton yang berisik mendekat ke arah panggung dan meneriakan “Mengapa kalian tidak dapat memainkan sesuatu yang dapat membuat kita bergoyang?”.

Bebop
Pada akhir tahun 30-an, Swing telah menjadi bisnis hiburan yang besar dan merupakan bisnis musik yang paling bagus pada saat itu sampai dijuluki “greatest music of all time”. Kata “Swing” menjadi daya tarik penjualan yang bagus dan dikaitkan untuk penjualan produk-produk dari rokok sampai pakaian wanita, dan jika musik sudah disesuaikan untuk permintaan komersial seringkali menjadi suatu persoalan klise yang tidak ada habisnya.

Dixieland
New Orleans merupakan kota dengan penduduk terdiri dari berbagai macam etnis dan keturunan, jadi tidak hanya didominasi oleh orang kulit hitam saja tetapi orang-orang kulit putih juga banyak yang bertempat tinggal di New Orleans. Sehingga karena mungkin pengaruh lingkungan musik New Orleans tidak hanya dimainkan oleh orang kulit hitam saja, tetapi juga dimainkan oleh orang-orang kulit putih.

New Orleans
Memang harus diakui bahwa New Orleans memang tempat berkembangnya awal-awal dari musik Jazz, bahkan awalnya muncul istilah jazz-pun di New Orleans ini, dan gaya musik New Orleans juga merupakan suatu contoh awal dari permainan musik yang “hot”. Yang dimaksud hot disini adalah musik tersebut dimainkan secara emosional dari masing-masing individu yang memainkannya.

Ragtime
Musik Rag yang muncul sekitar tahun 1890-an pada mulanya karena pada waktu itu yang popular adalah musik klasik yang notabene adalah musik dari Eropa dan dapat dikatakan merupakan musik orang kulit putih, seperti Mozart, Johan Strauss, Chopin dan lain-lain.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: